Selasa, 11 Februari 2014

Mengatasi Masalah Gangguan di IRC

11.2.14 Posted by Unknown No comments

Pendahuluan

Siapapun yang pernah atau sedang menghabiskan waktu di IRC pasti pernah atau paling tidak pada akhirnya akan pernah mengalami gangguan oleh beberapa pengguna IRC lain yang berperilaku dengan cara yang tidak menyenangkan. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk membantu Anda untuk menghadapi kejadian tersebut sehingga pengganggu tadi menjadi tidak begitu berarti bagi anda. Ingat, AllNetwork sudah menyediakan beberapa perintah yang sangat efektif. dan juga ada juga hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu AllNetwork menyingkirkan para pengguna yang "nakal" tadi. Akan tetapi perlu diingat bahwa hanya beberapa, dan tidak semua, gangguan dapat dilaporkan ke Operator IRC.

1 · Perintah yang dapat digunakan

Ada dua perintah yang sangat ampuh untuk mencegah gangguan dari user lain pada AllNetwork.
Yang pertama dikhususkan bagi pengguna mIRC IRC Client, yaitu
/ignore nick 3.
Contoh jika anda ingin nick Gadis-Nakal berhenti mengganggu anda bisa menggunakan command ini
/ignore Gadis-Nakal 3.
Command tersebut akan membuat semua user yang host nya sama dengan Gadis-Nakal tadi (user@host) tidak bisa mengganggu anda. Tidak peduli berapa kali Gadis-Nakal
mengganti nick, selama host nya tidak berubah maka dia tidak akan bisa mengganggu anda. Anda juga bisa menggunakan command /ignoredengan beberapa kombinasi parameter
lain, ketik /help ignore pada jendela status mIRC anda untuk mengetahui kombinasi-kombinasi parameter yang tersedia untuk command/ignore.
Untuk menghapus Ignore untuk nick tadi adalah
/ignore -r nick.
Perlu diingat bahwa command /ignore nick akan berada "didalam" mIRC client sampai ignore nick tadi dihapus.
Perintah kedua adalah merupakan fasilitas khusus dari AllNetwork, yang berarti semua IRC Client bisa menggunakan Perintah ini.
/raw MODE nickAnda +G
atau
/QUOTE MODE nickAnda +G
dengan perintah diatas, anda membuat semua user yang tidak berada dalam satu channel dengan anda tidak dapat mengirimkan pesan secara langsung (Private Message) terhadapa Anda. terkecuali nick mereka berada dalam daftar /accept
/raw MODE nickAnda +g
atau
/QUOTE MODE nickAnda +g
Sama dengan perintah sebelumnya, hanya saja kali ini menggunakan parameter nya bukan kapital (g). Dengan perintah diatas anda membuat semua user (terkecuali Bot Services dan IRCop) tidak dapat mengirimkan pesan secara langsung (Private Messages) terhadap Anda. Terkecuali nick mereka berada dalam daftar /accept Anda.
/raw ACCEPT nick
atau
/QUOTE ACCEPT nick
Dengan perintah diatas, Anda membuat nick tersebut bisa mengirimkan pesan secara langsung (Private Message) terhadap Anda, walaupun anda berada dalam Umode +G/+g.
/raw ACCEPT -nick
atau
/QUOTE ACCEPT -nick
Dengan perintah diatas, Anda menghapus sebuah nick dari daftar /accept anda. dengan demikian nick tersebut tidak dapat melakukan "Private Message" terhadap anda jika anda berada dalam Umode +G/+g.
Untuk melihat daftar nick yang berada dalam daftar /accept anda bisa menggunakan command.
/raw ACCEPT *
atau
/QUOTE ACCEPT *
Perlu diingat bahwa perintah /accept ini murni berasal dari fasilitas IRCD AllNetwork, jadi jika anda quit atau koneksi terputus dari AllNetwork (Disconnect) maka settingan daftar /accept ini akan otomatis hilang terhadap nick anda.
Source : http://www.allnetwork.or.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Disini !!!